A. Mouse
Mouse ditemukan
oleh Douglas Engelbert. Mouse adalah perangkat input yang dapat
memasukan data berupa gerakan objek yang sebelumnya telah dipindai oleh Optikal
yang ada pada Mouse (Optical Mouse) tersebut, atau berupa gerakan bola yang
berguling pada
bagian dalam badan Mouse (Ball Mouse) untuk mengklik tombol yang diinginkan. Mouse adalah hardware yang berfungsi sebagai input device. Kegunaan mouse dengan keyboard tidak beda jauh. Keyboard berada di tingkat atas mouse.
bagian dalam badan Mouse (Ball Mouse) untuk mengklik tombol yang diinginkan. Mouse adalah hardware yang berfungsi sebagai input device. Kegunaan mouse dengan keyboard tidak beda jauh. Keyboard berada di tingkat atas mouse.
Jenis-jenis
mouse:
Mouse PS/2
Mouse yang sudah umum digunakan oleh masyarakat luas.Digunakan pada computer Pentium 3 dan 4.
Mouse ini tidak menggunakan bola untuk menunjuk pointer melainkan menggunakan sinar laser yang berwarna-warni.
Mouse PS/2
Mouse
yang digunakan pada computer Pentium 3 dan Pentium 4mungkin
temen-temen udah sering memakainya atau sudah tidak asing lagi.
Mouse yang sudah umum digunakan oleh masyarakat luas.Digunakan pada computer Pentium 3 dan 4.
Mouse terbaru tanpa kabel.Kini Mouse Wireless sudah meluas dikalangan masyarakat.
Cara merawat
Mouse agar tetap berjalan dengan baik dan normal :
Untuk mouse yang menggunakan Optical Mouse
1.
Pastikan tempat Mouse (Mouse Pad) menggunakan
warna yang sama atau tidak berwarnawarni misalnya hanya menggunakan warna merah
saja, untuk mencegah mouse tidak dapat dikendalikan.
2.
Mouse
sebaiknya di gunakan pada tempat yang rata dan tidak benjol, agar mouse berjalan
dengan baik dan tidak bergerak secara acak.
Untuk yang
mengguakan Ball Mouse
1.
Bersihkan
bola mouse yang terdapat di bagian bawah mouse agar mouse bebas dari debu yang
menyebabkan mouse sulit untuk di gerakkan.
2.
Letakkan
Mouse pada tempat yang bersih dari debu dan tentunya bersih dan sehat.
B. Keyboard

Keyboard diciptakan oleh Christopener Latham pada tahun 1868, dan pada
tahun 1887 diproduksi dan di pasarkan oleh perusahaan Bemington.
Keyboard
adalah device yang cukup penting untuk menjalankan komputer karena sebagian
komputer tidak dapat dioprasikan tanpa dipasangnya Keyboard pada CPU. Keyoard
berfungsi sebagai input device text, nomor, symbol, dan perintah untuk
komputer.
Untuk keyboard memiliki
beberapa varian tergantung dari jumlah “Key” yang terdapat pada Keyboard
tersebut misalnya 101 Key atau lebih, biasanya yang memiliki key lebih dari 101
adalah Multimedia Keyboard dan yang memiliki 101 key adalah Keyboard standard
(Standard Keyboard).
Jenis-jenis keyboard:
1. Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
Serial |
2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
3. Keyboard WirelessBiasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
PS 2 |
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
Wireless |
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektorUSB yang menjamin transfer data lebih cepat
Konektor USB |
Bagian-bagian keyboard:
A. Typewriter Key
·
Backspace
·
Caps
lock
·
Delete
·
Esc
·
End
·
Enter
·
Home
·
Insert
·
Page
up
·
Page
down
·
Tab
B. Numerik Key
C. Function Key
·
F1
s/d F12
D. Special Function Key
·
CTRL
·
SHIFT
·
ALT
Cara merawat Keyboard dengan baik dan benar
1.
Bersihkan
setiap sela yang ada pada Keyboard agar tebebas dari debu yang bisa menyebabkan
Keyboard tidak bejalan dengan sempurna.
Dan sebaiknya keyborad di tutupi dengan oleh pelindung bila sedang tidak di
pakai. Untuk mencegah debu dan berbagai kuman masuk.
1. Keyboard QWERTY
Tata letak keyboard QWERTY ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. QWERTY diambil dari6 huruf berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik tersebut. Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik). Meskipun tata letak QWERTY sangat luas pemakaiannya, tetapi memiliki beberapa kelemahan dan ketidakefisienan. Misalnya, 48 persen dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan. Hanya 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari pada keyboard). Beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (56 persen). Contoh paling nyata dari ketidakefisienan tata letak QWERTY adalah pengetikan huruf ‘a’ yang cukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.
2.Keyboard DVORAK
Keyboard DVORAK (1932), dimana susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak QWERTY .
3.Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Tata letak ini, selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan juga dirancang untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. Terpisahnya bagian kiri dan kanannya menjadikannya relatif lebih banyak memakan ruang.
4. Keyboard Maltron
Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.
5. Keyboard Chord
Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi namun kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan. Berikut ini jenis-jenis keyboard chord:
Keyboard Palantype
Tata letak palantype mempunyai 3 kelompok karakter. Kelompok pada bagian kiri menunjukkan konsonan awal sebuuah kata, bagian tengah menunjukkan kelompok vokal dan bagian kanan menunjukkan kelompok konsonan terakhir dari sebuah kata atau suku kata.Pada gambar terlihat bahwa tidak seluruh konsonan ada disana, konsonan tsb dapat disajikan dengan menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada
Keyboard Stenotype
Steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seorang. Jenis tulisan ini paling banyak digunakan oleh para wartawan untuk mencatat hasil wawancaranya dengan lebih cepat. Papan ketik Stenotype mempunyai keunggulan yang hampir sama dengan papan ketik Palantype.
6. Keyboard Alphabetik
Tombol-tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. Keyboard alphabetik juga tidak dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, tetapi biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf alphabet. Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.
7. Keyboard Numeric
Untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar, orang lebih suka menggunakan tombol numerik (numeric keypad) yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan tangan.
1. Keyboard QWERTY
Tata letak keyboard QWERTY ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. QWERTY diambil dari6 huruf berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik tersebut. Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik). Meskipun tata letak QWERTY sangat luas pemakaiannya, tetapi memiliki beberapa kelemahan dan ketidakefisienan. Misalnya, 48 persen dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan. Hanya 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari pada keyboard). Beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (56 persen). Contoh paling nyata dari ketidakefisienan tata letak QWERTY adalah pengetikan huruf ‘a’ yang cukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.
2.Keyboard DVORAK
Keyboard DVORAK (1932), dimana susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak QWERTY .
3.Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Tata letak ini, selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan juga dirancang untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. Terpisahnya bagian kiri dan kanannya menjadikannya relatif lebih banyak memakan ruang.
4. Keyboard Maltron
Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.
5. Keyboard Chord
Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi namun kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan. Berikut ini jenis-jenis keyboard chord:
Keyboard Palantype
Tata letak palantype mempunyai 3 kelompok karakter. Kelompok pada bagian kiri menunjukkan konsonan awal sebuuah kata, bagian tengah menunjukkan kelompok vokal dan bagian kanan menunjukkan kelompok konsonan terakhir dari sebuah kata atau suku kata.Pada gambar terlihat bahwa tidak seluruh konsonan ada disana, konsonan tsb dapat disajikan dengan menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada
Keyboard Stenotype
Steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seorang. Jenis tulisan ini paling banyak digunakan oleh para wartawan untuk mencatat hasil wawancaranya dengan lebih cepat. Papan ketik Stenotype mempunyai keunggulan yang hampir sama dengan papan ketik Palantype.
6. Keyboard Alphabetik
Tombol-tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. Keyboard alphabetik juga tidak dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, tetapi biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf alphabet. Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.
7. Keyboard Numeric
Untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar, orang lebih suka menggunakan tombol numerik (numeric keypad) yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan tangan.
C. WebCam
WebCam adalah device yang digunakan untuk memasukan data
berupa Photo dan Video kedalam
komputer. Pada umumnya User menggunakan device ini untuk keperluan multimedia
atau komunikasi jarak jauh (Video Conference) menggunakan saluran komunikasi
Internet kecepatan tinggi (High Speed Internet Acess).
Agar bisa mengguanak alat ini di perlukan Software pendukung dari Windows
bawaan maupun dari pihak ke tiga.
Software yang dapat digunkan untuk berkomunikasi dengan
WebCam secara Live melalui jaringan global (Internet) misalnya Yahoo Messenger,
Windows Live, Pidgin dsb. Untuk dapat berkomunikasi dengan data berupa video
harus menggunakan koneksi ayng baik dan kuat misalnya dengan Transfer Rate 1
Gbps atau 10 Gbps namun 100 Mbps sudah cukup.
Cara Perawatan
WebCam
1. Bersihkan
lensa jika pada saat di gunakkan terasa ada yang menghalangi, dan gambar
terliaht agak suram. Bersihkan dengan
menggunakan kain dan cairan pembersih.
2.
Pastikan pada saat penggunaan kamera, kamera
tidak berhadapan langsung dengan cahaya yang cukup kuat seperti cahaya matahari
hal ini agar lensa kamera tidak cepat rusak dan hasil yang diperoleh akan lebih
baik.
D. Scanner
Scaner jika diartikan kedalam bahasa Indonessia berarti Pemindai jadi Scaner adalah device yang digunakan untuk memasukan data ke komputer berupa file gambar yang sebelumnya adalah dokumen yang di “Foto” untuk dijadikan file gambar yang akan ditampilkan pada komputer pemngguna.Scanner ditemukan pada tahun 1975 oleh Ray Kurzweil. Scaner sendiri terdiri dari dua jenis yaitu Plat Bed Scaner (Scaner yang umum digunakan untuk memindai dokumen pada kantor atau instansi lainnya), Handheld Scaner (Scaner yang digunakan untuk memindai Bar Code pada produk barang dan biasanya untuk mencari harga barang tersebut dengan cepat sesuai dengan daftar harga, Scaner ini biasanya digunakan pada Super Market). Scaner berfungsi dan memiliki cara kerja yang hampir sama dengan PhotoCopy Machine namun Scaner tidak langsung mencetak dokumen seperti Mesin PhotoCopy namun dokumen yang terpindai dapat dicetak menggunakan Printer.Perawatan Scaner yang umumnya dilakukan adalah sebagai berikut :
- Bersihkan bagian permukaan kaca Scaner dengan lap dan cairan pembersih agar dokumen yang dicetak menghasilkan hasil yang baik.
- Letakan Scaner pada tempat yang sejuk dan kering serta terhindar dari debu, kotoran dan serangga.
5.Joystick
Joystick/game controller dan game spandles ditemukan Balph H.Baer. Joystick merupakan input device untuk bermain game. Joystick adalah alat input komputer yang berbentuk tuas dan tongkat yang dapat bergerak ke segala arah. Sedangkan gam spandle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik yang dilengkapi dengan tomnbol-tombol yang akan mengatur suatu objek pada komputer.
Jenis
– Jenis Joystick
1.
Logitech
Rumble
Jenis joystick
diatas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game
dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.
2.
Logitech
Racing Whell
Jenis joystick
ini berbentuk seperti stir mobil dan berfungsi khusus untuk game balap mobil.
3.
Logitech
Extreme 3D Pro
Jenis joystick
di atas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi
khusus untuk game pesawat terbang.
4.
Joystick
berupa Stir Pesawat
Jenis ini
berbentuk lonjong ke atas dan berfungs ikhusus untuk game pesawat terbang.
5.
Joystick
PC dengan Fungsi Turbo
6.
Joystick
Controller
Jenis ini
mengunakan potentiometric. Skalar pada joystick controller digunakan untuk
menterjemahkan gerakan menjadi sinyal output. Jenis initerbuat dari plastic,
nilon, gelas penuh nilon dan stainless steel, selain digunakan untuk game juga
digunakan dalam bidang industry atau peralatan untuk tugas berat seperti
forklift, crane, mesin pertanian, kendaraaan kemudi.
Joystick Logitech Rumble
Jenis joystick di
atas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game
dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.
- Joystick Logitech Racing Wheel
Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil.
- Joystick Logitech Extreme 3D Pro
Jenis joystick diatas adalah jenis joystick berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.
- See more at: http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
Joystick
adalah alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat
bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak
atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. - See more at:
http://solusikompi.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-fungsi-joystick.html#sthash.G5xNHrRb.dpuf
0 komentar:
Post a Comment