Arsitektur Komputer Von
Neumann merupakan arsitektur yang diciptakan oleh Jhon Von Neumann(1903 –
1957). Nama Von Neumann sendiri diambil dari namanya karena dialah yang
pertama kali mempublikasikan konsep tersebut (seandainya saya yang
duluan pasti
namanya akan diambil dari nama saya tentunya), arsitektur komputer ini banyak digunakan di sebagian besar sistem komputer non paralel seperti komputer rumahan atau notebook. Kedepanya model Von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak seperti komputer yang digunakan oleh NASA.
namanya akan diambil dari nama saya tentunya), arsitektur komputer ini banyak digunakan di sebagian besar sistem komputer non paralel seperti komputer rumahan atau notebook. Kedepanya model Von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak seperti komputer yang digunakan oleh NASA.
Superkomputer milik NASA
menghubungkan 20 komputer canggih sgi altix, yang masing-masing memiliki 512
prosesor, dilengkapi dengan 500 terabyte media penyimpan (storage)
lokal. Sejumlah 10.240 prosesor intel itanium 2 akan mentenagai
superkomputer space exploration simulator ini untuk melakukan berbagai
penelitian (kalau cuma untuk ngenet sia-sia nih komputer). Okay,
back to point. Meski konsep ini dikemukakan oleh Jhon Von Neumann kemudian
dikembangkan oleh J. Prespert Eckert(1919 – 1995) dan Jhon William
Mauchly(1907 – 1980) dalam pengembangan komputer ENIAC, nama von
Neumann lah yang lebih dikenal sebagai penemu arsitektur komputer tersebut.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan
komputer dengan empat bagian utama yaitu Unit Aritmatika dan Logis (ALU)
yang merupakan bagian dari unit kontrol (cpu), media penyimpanan (memory), dan
alat masukan (input) dan hasil/keluaran (output) secara kolektif dinamakan I/O.
Dibawah ini adalah gambar arsitektur Von Neumann.
Dalam gambar menunjukan begitu sederhananya arsitektur
tersebut, berikut penjelasan dari empat komponen tersebut.
1. Masukan (input)
1. Masukan (input)
Perangkat ini memiliki
fungsi sebagai media untuk memasukkan data ke dalam processor untuk diolah
guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau perangkat
masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan
mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain
games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk memindai gambar
agar dapat di olah secara digital. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan
jari user dapat melakukan suatu proses akses file sebagai pengganti mouse.
Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer dan masih banyak lagi.
Mengenai Perangkat Input lebih lanjut, silahkan kunjungi postingan saya yang lain dengan klik link ini: Perangkat Input
2. Pemroses (cpu)
CPU atau Central
Processing Unit merupakan tempat pemroses dari intruksi-intruksi program,
bentuknya berupa chip yang terdiri dari jutaan IC. CPU terdiri dari
dua bagian utama yaitu Unit Kendali (control unit) serta Unit Aritmatika dan
Logika (ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan
yang berukuran kecil yang disebut dengan register.
- Unit Kendali (control unit)
Unit ini bertugas
mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit
kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data
diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Tugas dari unit kendali
ini adalah :
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk
diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika
serta mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.
- Unit Aritmatika dan Logika (ALU)
Tugas utama dari ALU
adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai
dengan instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika dengan dasar
penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas
lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai
dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand
dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama
dengan (<> ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (<= ), lebih
besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (>=).
3. Penyimpanan (memory)
Memory mrupan media
penyimpanan data pada Komputer, jenis memory dibagi menjadi dua yaitu.
- RAM (Random
Access Memory)
RAM adalah memory utama
bagi Komputer yang memegang arahan data yang akan diproses oleh Processor, Ram
sendiri bersifat volatile. Artinya data yang disimpan didalamnya akan hilang
ketika tidak di aliri arus listrik. Jenis RAM sangat bervariasi, diantaranya :
- DRAM (Dynamic
RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan
oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
- SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM.
- SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
- RDRAM (Rambus Dynamic RAM)adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.
- EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.
- SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM.
- SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
- RDRAM (Rambus Dynamic RAM)adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.
- EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.
- DDR (Double Data Rate) tipe RAM yang
menggunakan teknologi double clock cycle. DDR sekarang sudah semakin berkembang
dengan munculnya DDR2 dan DDR3 yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi.
Kedepannya mungkin jenis-jenis RAM akan terus berkembang, karena
semakin berkembang pulasistem komputer yang ada saat ini. Sehingga untuk
menunjang kebutuhan komputasi yang tinggi dibutuhkan performa komputer yang
maksimal.
- ROM (Read Only
Memory)
ROM ini sifatnya
permanen, artinya program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah
hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan. Proses menyimpan data pada
ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat
dilakukan dengan mudah. Sampai saat ini ada berbagai jenis ROM yang pernah
beredar dan terpasang pada komputer, antara lain PROM, EPROM, EAROM, EEPROM,
dan Flash Memory. Berikut ini uraian singkat dari masing-masing jenis ROM tersebut.
1. PROM (Programmable
Read Only Memory)
2. EPROM (Erasable
Programmable Read Only Memory)
3. EEPROM (Electrically
Erasable Programmable Read Only Memory)
4. Flash Memory
4. Keluaran (output)
Perangkat output adalah
perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi
kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil
dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Informasi yang diteruskan
oleh komputer melalui perangkat output dapat berupa tampilan di layar hasil
cetakan, suara, dan sebagainya. Perangkat output sangat banyak sekali jenisnya
diantaranya.
- Monitor
- Printer
- Speaker
- Infocus/Proyektor
- Plotter
Mengenai Perangkat Input lebih lanjut, silahkan kunjungi postingan saya yang lain dengan klik link ini: Perangkat Input
0 komentar:
Post a Comment